Canggih! Toilet di Jepang ini Mampu Mengukur Tingkat Kelelahan

 

Para pakar di bidang kesehatan dan keselamatan selalu memperingatkan tentang bahaya kelelahan, terutama saat berkendara jarak jauh. Di Jepang, terdapat Service Area, sebutan untuk tempat pemberhentian pengemudi dan penumpang yang lelah untuk memulihkan tenaga. Tempat ini umumnya dilengkapi dengan banyak pilihan restoran, kios suvenir, dan terkadang fasilitas ekstra seperti kincir ria dan onsen. Nah, baru-baru ini, Ebina Service Area menyediakan toilet yang dapat mengukur tingkat kelelahan.

Pintu toilet untuk mengukur tingkat kelelahan (soranews24.com)

Di salah satu pintu toilet terdapat tanda hijau yang bertuliskan "Pengukuran Kelelahan". Saat masuk ke dalam bilik toilet, terlihat layar digital dengan tombol di sisi kanan untuk mengontrol bidet dan suara air mengalir yang berfungsi untuk menyamarkan suara yang ditimbulkan aktifitas di toilet. Di sisi kiri panel ada tulisan "Pengukuran Kelelahan" berwarna biru dengan berbagai pilihan bahasa di bawahnya.

Sebelum melakukan pengukuran kelelahan, kamu dapat menjawab pertanyaan "Apakah Anda merasa lelah?" dengan "Tidak lelah", "Agak Lelah", atau "Lelah".

Tampilan pertanyaan (soranews24.com)

Sistem ini tidak menggunakan kamera, melainkan sensor getaran yang terpasang pada dudukan toilet yang mampu menganalisis "fluktuasi denyut nadi" untuk mengukur tingkat kelelahan individu. Untuk menggunakannya, pencet tombol “start” lalu ikuti instruksi untuk rileks saat proses pengukuran. Saat proses dimulai, panel akan menampilkan banyak data dan informasi seperti:

"Dalam keadaan lelah, ketegangan sistem saraf simpatis meningkat dan aktivitas sistem saraf parasimpatis menurun, jadi toilet ini mengukur fluktuasi detak dan menganalisis sistem saraf otonom."

Proses pengukuran tingkat kelelahan (soranews24.com)

Saat menunggu, layar memberi instruksi bahwa pengemudi harus istirahat 10-20 menit setiap dua jam saat mengemudi, dan menyarankan mereka menggunakan service area atau area parkir untuk istirahat. Setelah 60 detik, hasil akan ditampilkan si layar.

Layar yang menampilkan hasil: "Anda merasa tidak lelah. Tingkat kelelahan terukur saat ini adalah sedikit lelah." (soranews24.com)

Jepang memang terkenal memiliki berbagai fasilitas toilet yang unik, jadi pastikan untuk memahami jenis dan cara penggunaannya agar tidak bingung ya. Namun untuk saat ini, toilet canggih satu ini hanya tersedia di Ebina Service Area!

Sumber : Japanesestation