Penelitian di Jepang: Menulis dengan Tangan Tingkatkan Aktivitas Otak

Media elektronik dapat membantu kita untuk melakukan banyak hal, termasuk membuat catatan. Sebelumnya, Jepang pernah meneliti bagaimana jenis kopi dapat memengaruhi kinerja otak, kini University of Tokyo dan NTT Data Institute of Management Consulting mempublikasikan sebuah penelitian pada 19 Maret lalu yang mengatakan bahwa menulis dengan tangan sebenarnya lebih meningkatkan aktivitas otak daripada mencatat menggunakan smartphone atau tablet.

Dalam percobaan tersebut, para peneliti membagi 48 peserta antara usia 18 dan 29 menjadi tiga kelompok, satu untuk catatan tulisan tangan, satu untuk smartphone, dan satu untuk tablet. Mereka lalu diminta untuk menuliskan rencana untuk dua bulan ke depan berdasarkan teks sampel. Mereka kemudian ditanyai tentang apa yang mereka tulis satu jam setelah latihan, sementara peneliti mengukur aktivitas otak mereka melalui MRI fungsional.

Studi tersebut menemukan bahwa meskipun tidak banyak perbedaan dalam jumlah jawaban benar dari masing-masing kelompok, otak kelompok tulisan tangan menunjukkan lebih banyak aktivitas di area otak yang memproses ingatan dan bahasa.

Professor Kuniyoshi Sakai yang berpartisipasi dalam penelitian ini mengklaim hal ini terjadi karena otak lebih mengingat sensasi dan lokasi di mana seseorang menulis pada selembar kertas. Jadi, meskipun perangkat elektronik seperti smartphone dan tablet lebih praktis, Sakai berpendapat bahwa tulisan tangan lebih baik dalam mengasah cara berpikir dan kreativitas.

Netizen Jepang terkejut dengan hasil penelitian tersebut dan ikut mambagikan pendapat mereka tentang tulisan tangan versus mengetik:

"Aku tahu itu! Aku selalu merasa lebih mudah untuk memilah pikiran saat menulis dengan tangan. Alat seperti Apple Pencils sangat bagus karena tidak memerlukan kertas, tapi aku tidak ingin terlalu tenggelam dalam kenyamanannya. Aku ingin tetap fleksibel.”

“Aku merasa agak malu membawa-bawa kertas agenda, tapi berita ini membuatku sangat senang! Aku sebenarnya suka menulis.”

“Tapi menurutku elektronik punya lebih banyak kelebihan.”

“Ya, tapi smartphone memiliki konversi kanji.”

Seperti yang dikatakan netizen terakhir, menulis dengan tangan bisa memgubah arti akibat kesalahan penulisan. Kamu harus banyak berlatih menulis untuk mengingat ribuan huruf kanji Jepang. Tetapi jika kamu memiliki smartphone atau tablet, perangkat tersebut akan mengubah tulisanmu dari hiragana menjadi kanji dengan mudah. Mungkin kemudahan seperti inilah yang mendorong Daerah Shibuya untuk memberikan setiap siswa SD dan SMP sebuah tablet.

Sumber : JapaneseStation