Inilah Konsep Penting yang Dibutuhkan dalam Genre Isekai

Bagi kamu penggemar anime khususnya, mungkin sudah tidak asing dengan genre yang satu ini. isekai adalah salah satu genre terbesar di manga, anime, dan light novel yang kian populer di masa kini. Genre ini menampilkan protagonis yang dilahirkan kembali ke kehidupan baru.  Sebelum masuk dalam kehidupan baru, seringkali terdapat permulaan dalam "kehidupan lain" dari sang karakter, sebelum akhirnya terlahir kembali.  Nah, sebenarnya apakah “kehidupan lain” menjadi hal penting dalam isekai? Lalu, bagaimana sih konsep yang ditampilkan untuk melihat perbedaan dari dua kehidupan di isekai? Cari tahu disini!

Waktu Sebelum Bereinkarnasi


Dalam kebanyakan isekai, terutama dari jenis fantasi dimana pria memiliki kekuatan, protagonis memulai kehidupan pertama mereka sebagai "pecundang". Mereka mungkin seorang yang tertutup atau otaku dan biasanya memiliki sedikit teman, melarikan diri dengan menghabiskan hari-hari mereka di video game online atau kegiatan serupa lainnya. Mereka mungkin diabaikan di sekolah dan tempat kerja dan mungkin juga hal tersebut juga pernah dirasakan oleh penonton.

Sang protagonis kemudian akan tersedot ke dalam, atau dalam beberapa kasus mereka mati, sebelum terlahir kembali ke kehidupan baru. Kehidupan setelah reinkarnasi biasanya jauh lebih berwarna dan ceria dibandingkan dengan kehidupan biasa dan kehidupan sebelumnya. Mereka mungkin menemukan diri mereka yang memiliki kekuatan luar biasa dan dengan cepat memulai kehidupan yang penuh petualangan.

Baru-baru ini muncul situasi terbalik, yang mana protagonis memiliki kehidupan yang relatif normal, namun terlahir kembali dalam kehidupan yang jauh lebih tidak menyenangkan. Mereka mungkin masih memiliki beberapa kemiripan dengan kehidupan lama, tetapi biasanya hal yang sama benar-benar hilang. Nah, hal ini meningkatkan kekuatan fantasi dari genre tersebut dan memberinya lebih banyak keragaman. Lalu, hal ini juga membantu untuk menyoroti fokus  pada kehidupan karakter sebelumnya.

Kehidupan Kedua Perlu Membandingkan Kehidupan Pertama


Dengan menampilkan kehidupan asli sebelum reinkarnasi terjadi atau ditampilkan secara bersamaan dalam adegan kilas balik, anime isekai dapat menggambarkan betapa jauh lebih baiknya (atau terkadang lebih buruk), kehidupan baru yang didapatkan protagonis. Bagi orang-orang yang diremehkan di kehidupan sebelumnya, menjadi pejuang yang kuat atau tokoh populer lainnya di dunia baru mereka adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Mereka tiba-tiba memiliki kekuatan, pengaruh dan popularitas yang selalu mereka dambakan dalam kehidupan lama mereka, dan melalui itu, sebuah cara untuk membela mereka yang tidak berdaya seperti mereka dulu juga ditampilkan.

Demikian juga seseorang dengan kehidupan sebelumnya yang sangat didambakan, akan sangat putus asa ketika masuk dalam kehidupan yang jauh lebih buruk. Kemungkinan untuk kembali ke kehidupan lama mereka bisa menjadi kekuatan pendorong, tetapi tujuan yang diinginkan dalam kehidupan lama mungkin akan jauh lebih baik apabila disampaikan kepada penonton agar dapat memperkuat jalan cerita.

Nah, konsep-konsep seperti pengantar dari kehidupan sebelumnya atau motivasi karakter untuk kembali ke kehidupan lama mereka mungkin masih menjadi kebutuhan tematik untuk genre isekai yang populer ini karena genre ini akan terus berinovasi. Semoga kedepannya akan muncul cerita dengan genre isekai yang makin beragam ya!