Mantan Animator MAPPA: “Kondisi Kerja Studio Lebih Seperti ‘Pabrik'”

Animator freelance Mushiyo menjelaskan mengapa mereka memilih untuk meninggalkan studio MAPPA dalam serangkaian tweet pada 14 Mei. Menurut Mushiyo, yang mengerjakan season terbaru Shingeki no Kyojin, studio tersebut berada dalam kondisi kerja yang tidak sehat selama serial tersebut dijalankan. Tweet tersebut awalnya publik, namun saat ini Mushiyo telah mengunci akunnya.

Mushiyo mempertanyakan keputusan untuk bekerja di perusahaan, menjelaskan pengalamannya yang diminta untuk memperbaiki gambar berulang kali sampai matahari terbit sebagai alasan berhenti. Dia mengkritik keputusan MAPPA yang mengerjakan empat seri pada saat yang sama alih-alih melatih timnya dengan benar sehingga koreksi semacam itu tidak diperlukan. Mushiyo membandingkan lingkungan kerja dengan “pabrik” di mana animator tingkat bawah ditugaskan untuk mengoreksi kesalahan daripada menggambar.

Menurut Mushiyo, keluhan mereka tidaklah unik. “Sejauh yang saya tahu, sekitar 80% karyawan memiliki keluhan serupa pada saat itu.”

MAPPA mengambil alih produksi Shingeki no Kyojin dari Wit Studio dimulai dengan bagian pertama dari musim terakhirnya. Serial ini ditayangkan perdana pada Desember 2020 sementara MAPPA juga mengerjakan Jujutsu Kaisen dan Taiso Samurai. Zombie Land Saga Revenge memulai debutnya pada bulan April. Mushiyo secara teratur membagikan karya seni sendiri saat mengerjakan Musim Terakhir Shingeki no Kyojin di Twitter.

Sumber: ANN