Game Log Horizon: New Adventure Land Resmi Mengakhiri Operasinya


Setelah diumumkan pada Maret lalu, game browser “Log Horizon: New Adventure Land” resmi menutup operasinya pada 31 Mei 2021. Staf memberikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan setelah lebih dari enam tahun beroperasi.

“Log Horizon: New Adventure Land” atau dikenal sebagai “Log Horizon SNG” adalah game bertipe gacha yang dikembangkan oleh AZITO CO., Ltd. Game ini awalnya dirilis untuk platform GREE pada 19 Maret 2015 untuk iOS dan Adnroid. Kemudian pada Oktober 2016, game ini dikembangkan menjadi mobage dan berlanjut oleh Docomo. Game ini diakses melalui perambah atau browser sehingga dapat dimainkan langsung oleh pemain yang berada di luar Jepang.

Sinopsis “Log Horizon” dari NHK:

Setelah lima tahun, sebuah musim terbaru!

Setahun pasca para petualang ditempatkan di dunia Elder Tale, ketentraman kota Akiba mulai goyah dengan kemunculan dari monster baru (Genius), keborokan dari perebutan kekuasaan diantara bangsawan timur dan barat, dan (mulai) melebarnya celah diantara para petualang itu sendiri.

Akhirnya, Meja Bundar, simbol dari persatuan mereka, menghadapi krisis krusial…..

Mamare Touno meluncurkan serial novel Log Horizon pada 13 April 2010 dan menggunakan ilustrasi Kazuhiro Hara. Serial novel ini masih berjalan di situs Shousetsuka ni Narou. Enterbrain, subdivisi penerbit dari Kadokawa telah menerbitkan volume ke-11 novel ini pada 20 Maret 2018. Sementara itu volume ke-12 sudah dimasukan dalam daftar rilis Enterbrain, akan tetapi tanggal rilis dan visual sampulnya belum diperlihatkan. Kini cerita sudah memasuki volume ke-15, sementara itu volume 13 dan volume 14 masing-masing berakhir pada April 2017 dan Maret 2018. 


Sebuah adaptasi novel cerita sampingan yang berjudul “Log Horizon Gaiden: Kushiyatama, Ganbaru!” dirilis pada 30 September 2010. Cerita sampingan ini dibuat oleh Touno bersama Yamane Yamamoto dan menggunakan ilustrasi dari Geko Hirasawa. Cerita sampingan ini juga masih berjalan hingga sekarang.

Serial ini juga mendapatkan enam adaptasi manga yang cerita keenamnya sama–sama disusun oleh Mamare Touno. Judul pertamanya adalah “Log Horizon Gaiden: Honey Moon Logs”, yang mulai berjalan pada 27 Januari 2012 di majalah Dengeki Daioh. Mangaka dari judul tersebut adalah Motoya Matsu. Kedua, “Log Horizon” digambar oleh Kazuhiro Hara dan dirilis dalam 1 volume. Berikutnya “Log Horizon: The West Wind Brigade” yang digambar oleh Koyuki dan rilis dalam 11 volume(8 Juli 2012-9 Maret 2018). Manga ketiga ini tampil di majalah Age Premium, kemudian berpindah ke Dragon Age. Manga keempat berjudul “Log Horizon Gaiden: Nyanta-honcho Shiawase no Recipe” digambar oleh Sochuu telah dirilis dalam 6 volume dan tamat pada 31 Maret 2018. Kemudian “Log Horizon: Kanami, Go! East!” yang digambar oleh Kou mulai berjalan di majalah comic’s LOG dari 1 Oktober 2015 hingga 1 Desember 2016.

Adaptasi anime musim pertamanya diproduksi oleh studio Satelight dan berjumlah 25 episode. Musim pertamanya tayang pada musim gugur tahun 2013 hingga musim dingin tahun 2014. Musim keduanya berpindah menuju Studio Deen dan tayang selama 25 episode. Musim kedua ini tayang pada musim gugur tahun 2014 hingga musim dingin tahun 2015. Musim ketiganya kemudian tayang di musim dingin tahun 2021.